Hi ^^
Ada yang tau Koreabuys? Atau malah udah langganan di sana?
Aku pribadi udah lama tau tentang Koreabuys tapi masih belom
kesampaian belanja di sana karena ga ada duit hahahahaha.
Tanggal 22 Juli kemaren, iseng-iseng buka webnya dan
ternyata Koreabuys sedang mengadakan event Happy Bag! Apa itu Happy Bag? Jadi
dengan hanya membayar 99k kamu bisa dapet Happy Bag dengan total maksimum satu juta rupiah *diskon 90%
coooy*. Gimana ga tergiur coba secara aku tipe manusia yang lemah dengan
tulisan diskon 90% ㅠㅠ
Jadilah aku memutuskan untuk beli itung-itung cari pengalaman(?) di Koreabuys.
Happy Bag ini ada 2 pilihan, cosmetics dan fashion. Aku
milih Happy Bag yang cosmetics pastinya. Happy Bag ini memakai pengiriman 1DAY DELIVERY+JNE yang menurut penjelasan di website pesanan kamu
hanya membutuhkan waktu “satu hari saja” untuk dikirim dari Korea ke Indonesia
dan sampai di rumah kamu paling lambat 2 sampai 3 hari kemudian.
Oiya Happy Bag ini isinya random, suka-suka sellernya mau
masukin apa. Yah semacem beli kucing dalam karung. Kalo beruntung dapet yang
bagus, dibutuhin, dan totalnya banyak. Kalo apes ya udah terima nasib aja. Aku
sih ga berharap dapet barang dengan total harga beneran satu jetong, worth
200-300k aja udah syukur yang penting di atas 99k ahahaha. Lagian aku bayarnya
cuma 89.100 kok gara-gara kupon diskon 10% hehe.
Aku transfer tanggal 22 siang dan kebingungan gimana caranya
upload bukti transfer -__- Ga kaya situs jual beli lain yang ada form
konfirmasi pembayaran, di Koreabuys ini ga ada sama sekali. Ternyata guysssss,
setalah aku baca Q&A di Happy Bag nya *Q&A produk, ga ada penjelasan
umum(?) di webnya* bukti transfer disuruh kirim ke email Koreabuys. Aku email
habis magrib dan dibalas sekitar jam 8 malam. Okesip berarti besok udah Payment
Confirmed.
Hari Sabtu, aku cek status pesananku masih Payment Pending.
Padahal katanya status pemesanan bakalan berubah jadi Payment Confirmed setelah
1x24 jam -__- Hari Minggu pun masih tetep Payment Pending 헐 tapi aku coba maklum lah
mungkin team accountingnya weekend libur.
Hari Senin malam status pesananku udah berubah jadi Payment
Confirmed, yah waloupun siangnya aku harus follow up via Q&A dulu baru
berubah statusnya.
Keesokan harinya *tssah* status pesananku berubah jadi
Seller Preparation. Jadi penjualnya yang di Korea lagi nyiapin pesananku gitu
deh. Udah excited, bentar lagi dikirim uyeaaaaah.
Hari Kamis siang akhirnya status pesananku berubah jadi On
Delivery /terharu/ tapi……. Iya ada tapinya. Di halaman My Shop belom ada nomer
Resi. Ya udah lah mungkin resi dikasih H+1 kaya online shop sista sista di
instagram. Btw aku pesen tanggal 22 dan
tanggal 28 baru sampe Indonesia barangnya. Jadi ‘satu hari saja’ dari Korea yang dimaksud
itu 6 hari guys ha ha ha
Sampai hari Sabtu ternyata nomer resi belum dikasih -_- di
sini aku mulai kesel, masa H+2 belom dapet resi sih. Baca-baca Q&A katanya
resi dikasih kalo statusnya udah DELIVERIED. Loh loh Deliveried sama On
Delivery bedanya apa? Apa sama? Tapi aku dapet email dari Koreabuys judul
emailnya Deliveried -_-“ Jadi yang bener yang mana?
Daripada bingung, aku nulis di Q&A tentang kejelasan
nomer resi padahal status udah On Delivery selama 2 hari. Dan sama adminnya
dijawab “Hari senin ya sis br di update resi nya. Team accounting kami off sis.
Thx”.
Daaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan hari ini udah Senin, paketan belom sampe rumah, resi juga masih belom dikasih :))))
Rasanya pengen gigit adminnya atau team accounting atau
siapalah yang ngurusin pesenan aku. Iya tau kalo Sabtu team accounting libur
tapi barangku loh udah dari Kamis statusnya On Delivery!!! Terus team accountingnya
hari Kamis & Jumat ngapain aja???????? Kecewa banget sama pelayanannya, bakalan
mikir seribu kali deh buat belanja di Koreabuys lagi.
*Update 1 Agustus 2016, 4:58 PM*
Paketku ternyata baru dikirim sore ini guys :))) ingin berkata kasar :) Kalo gitu kenapa On Delivery dari Kamis ha ha ha
Balesan di email |
Balesan di web |
Jadi On Delivery artinya apa yah? Di judul email jelas-jelas dibilang DELIVERIED yang seinget saya selama belajar bahasa inggris dari SD artinya telah dikirim. Dan dengan sangat amat jelas di Email ditulis SUDAH DIKIRIM
Email hari Kamis tanggal 28 Juli 2016 |
*Update 3 Agustus 2016*
My Koreabuys Happy Bag will never come :D
Tadi siang di tengah-tengah kuliah Fisika 1 yang bikin otak aku kebakar dan tulisan dosennya ga bisa kebaca /abaikan/ iseng ngecek My Shop dan resi aku masih belom dikasih. Akhirnya untuk kelima kalinya *iya 5 kali, ya Allah gini banget gw* ngirim pesan ke Koreabuys dengan bahasa yang aku coba alusin walaupun lagi bete.
Sekitar saju jam kemuadia waktu masuk My Shop buat ngecek apakah pertanyaanku udah dijawab apa belom, loh kooooooook status pesananku jadi SELLER PREPARATION?????
Dan jawaban adminnya bikin aku pengen maki-maki mereka.
ㅅㅂ |
Jadi sebenernya sistem mereka gimana sih? Katanya bakalan dikirim berurutan? Berarti dikirim berdasarkan waktu order kan? Dilogika aja sih, aku pesen tanggal 22 (mereka buka PO tanggal 19) dan hari ini mereka bilang udah ga ada stok! Orang yang pesen tanggal 24 aja loh barangnya udah sampe. Kalo stok kosong kok ya bisa ngirim email pesananku udah dikirim? Emang mereka ga punya data apa? Baru pertama kali yah belanja online yang pelayanannya sejeleeeeeeeeeeeeeeeeeeek ini. Dan aku ga bakalan belanja di Koreabuys lagi. NEVER. Apa gunannya sih e-commerce yang jualannya cukup lengkap tapi pelayanannya begini?
Tambahan: Happy Bag ku akhirnya tercancel otomatis dan uangku sudah direfund sekitar 1 minggu kemudian.
Cons:
- Pelayanannya suck -_-
- Harus rajin follow up biar statusnya jelas *kenapa aku baper ngetiknya :(((
- Lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa, katanya 2-5 hari kerja barang sampai ke rumah setelah Payment Confirmed tapi nyatanya -______-
- Katanya dikirim berurutan *yang menurutku sesuai urutan Nomer order* malah orang yang order tanggal 23 udah sampai duluan paketnya disaat punyaku baru dikirim :))) *berakhir ga dikirim juga*
Pros:
- Kosmetiknya lumayan lengkap sampe merk-merk yang bahkan aku ga pernah denger pun ada.
- Harganya ‘cukup’ murah.
- Dikirim langsung dari Korea, khusus 1 DAY DELIVERY bea cukainya ditanggung sama Koreabuys.
Saran untuk Koreabuys:
- Webnya lebih informatif dong, FAQ lebih dilengkapin lagi terutama bagian Pemesanan & Pengiriman.
- Tambahin form Konfirmasi Pembayaran biar customer ga usah kirim email, kan kalo pisah-pisah gini ga enak. Toh kalo gitu kan team accounting lebih gampang krosceknya.
- Adminnya juga yang jelas dong kalo jawab pertanyaan, masa jawabnya gitu banget.
- Penjelasan tentang status pesanan tolong lebih jelas lagi dan pake kata-kata jangan cuma gambar doang.
- Kalo ga mau kehilangan pelanggan *yang aku sendiri yakin bakalan banyak yang ga bakalan beli di Koreabuys lagi* tolong dengan amat sangat sistemnya diperbaiki, kalo ngedata yang bener.
Terima kasih buat siapapun yang udah sempetin baca postingan aku ini, Postingan ini bukan bermaksud untuk ngebash ataupun ngejatuhin nama Koreabuys, cuma share pengalaman buruk aja.
Sampe sekarang nyampe ga happy bagsnya?
BalasHapusTercancel otomatis terus direfund uangku
Hapus